Begini Cara Budidaya Ayam Pedaging Terbaru

Ayam Pedaging umum disapa Ayam Potong atau juga Broiler adalah Ayam Ras Unggul sebagai hasil dari perkawinan silang antar bangsa ayam yang memiliki daya produktifitas tinggi serta masa panennya terbilang sangat cepat. Namun tentu saja hal tersebut haruslah didukung oleh metode pemeliharaan atau cara budidaya ayam pedaging yang tepat, mulai dari perkandangan yang bagus, pemberian pakan bermutu serta perawatan kesehatan secara berkala.

Budidaya ayam pedaging/broiler telah dilakukan sejak puluhan tahun silam, baik dalam skala rumah tangga maupun skala besar. Bahkan sekarang ini telah mengalami kemajuan cukup pesat. Selain banyaknya panduan mengenai cara berternak ayam pedaging, para ilmuan/perusahaan pembibitan juga terus mengembangkan ras-ras unggul serta memproduksi berbagai jenis strain ayam pedaging untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Ada banyak faktor yang menjadi penilaian akan keunggulan suatu strain, yang paling umum adalah bobot badan yang berat dalam waktu singkat serta konversi kebutuhan pakan sedikit. Sedangkan kategori penilaian lebih rumit, mencakup ketahanan dari ras ayam pedaging itu sendiri dan lain sebagainya. Kajian detail mengenai seleksi maupun item-item yang menjadi pertibangan dalam proses produksi bibit unggul ayam pedaging, akan kita bahas pada laman lain di ayamplus.blogspot.com.
Cara Budidaya Ayam Pedaging / Broiler
Pada kesempatan ini kita akan fokus dengan cara budidaya ayam pedaging terbaru. Akan tetapi sebelumnya jika anda masih pemula dalam profesi ini, saya rasa anda perlu mengetahui sekilas tentang yang namanya ayam pedaging atau ayam potong/broiler.

Mengenal Ayam pedaging

Ayam ras pedaging atau ayam broiler memiliki sejarah budidaya yang cukup panjang. Sebelum peternakan ayam pedaging ini berkembang, broiler adalah ayam jantan muda (cockerel) yang diafkir dari peternakan. Breeding nya sendiri dimulai sekitar tahun 1916. Broiler berasal dari hasil persilangan pejantan bangsa Cornish (ayam kelas Inggris yang punya karakteristik tubuh besar, persentase otot dada yang tinggi) serta ayam Plymouth Rocks putih betina (ayam yang memiliki karakteristik tulang besar). Daging ayam hasil persilangan ini mulai diperkenalkan pada tahun 1930-an kemudian populer pada 1960an.

Jenis ayam pedaging/strain unggulan yang beredar dipasaran saat ini meliputi 29strain:
  • A.A 70
  • Arbor arcres
  • Brahma
  • Bromo
  • Cornish
  • CP 707
  • Euribrid
  • Goto
  • H&N
  • Hubbard
  • Hybro
  • Hyline
  • Hypeco-Broiler
  • Indian river
  • ISA
  • Kim cross
  • Langshans
  • Lohman 202
  • Marshall”m”
  • Missouri
  • Pilch
  • Ross
  • Shaver Starbro
  • Super 77
  • Sussex
  • Tatum
  • Tegel 70
  • Vdett
  • Yabro
Tiap strain memiliki karakteristik tersendiri, akan tetapi secara keseluruhan tidak terlalu berbeda karena semuanya dipersiapkan untuk menjadi pedaging dalam tempo cepat. Jenis strain atau galur ayam pedaging yang beredar di pasaran memiliki daya produktifitas relatif sama. Itu hanya sebagai gambaran untuk anda yang telah membulatkan tekad menjadi peternak ayam potong. Pilih saja salah satu strain di atas, maka panduan mengenai tahapan cara budidaya ayam pedaging terbaru segera kita mulai.

Pembuatan Kandang Ayam Pedaging

Tahapan pertama dalam memelihara ayam pedaging adalah menentukan lokasi yang bagus untuk membangun kandang ayam broiler. Syarat umum untuk kandang ayam yaitu letaknya jauh dari pemukiman penduduk namun mudah dijangkau.

Terdapat dua jenis kandang ayam pedaging yang umum dilakukan peternak, kandang biasa langsung pada tanah atau kandang berbentuk panggung. Semua tipe kandang tetap menggunakan lapisan litter yang terbuat dari kayu serbuk gergaji, jerami atau lainnya. Rekomendasi penulis, buatlah kandang berbentuk panggung dengan tinggi lantai minimal 1,5 meter dari tanah, selanjutnja dari lantai ke plafon setinggi 2meter. Idealnya untuk tiap meter persegi ditempati oleh 7 ekor ayam.

Jadi anda bisa kalkulasi sendiri kebutuhan luasan kandang sesuai jumlah broiler yang akan dibudidaya. Pergunakan kayu berkualitas untuk struktur kandang, sementara lantai bisa dari bahan bambu. Atap sebaiknya terbuat dari daun atau material lain yang mudah meredam panas matahari. Dinding terbuat dari kawat jaring yang pada bagian luar ditutupi tirai misalnya material plastik meteran. Fungsi tirai agar bisa dibuka-tutup untuk sirkulasi udara/pengaturan suhu.

Suhu ideal kandang sesuai umur adalah :
Umur (hari)
Suhu ( derajat celcius )
01 – 07
34 – 32
08 – 14
29 – 27
15 – 21
26 – 25
21 – 28
24 – 23
29 – 35
23 – 21
Sebagai inspirasi model kandang ayam pedaging, anda bisa lihat contoh gambar kandang di bawah ini dan desain kembali sesuai kreatifitas anda.
Desain Kandang Ayam Pedaging
Penggunaan litter untuk anakan ayam / DOC hingga umur 14 hari, dan serbuk gergaji merupakan bahan paling mudah didapat disamping harganya juga murah. Taburkan merata minimal 10 centimeter, setiap 3 hari dibolak-balik kemudian diganti dengan litter baru tiap seminggu. Setelah ayam berumur 14hari, kandang sudah bisa dibersihkan dari litter.

Persiapkan semua peralatan kandang mulai dari tempat pakan dan minum, lampu untuk penerangan serta penghangat untuk DOC. Agar memudahkan memantau suhu kandang, sediakan thermometer. Sebagai alat penghangat yang stabil dan tahan lama, anda bisa menggunakan gasolek meskipun mungkin harganya agak mahal. Kelengkapan lain seperti sapu dan sebagainya dapat anda sesuaikan sendiri.

Sedikit tambahan, sediakan tempat pakan dan minum dengan jumlah yang mencukupi supaya kompetisi antar ayam rendah, sehingga pertumbuhan ayam lebih baik dan merata seruruhnya.

Penyediaan Bibit Ayam Pedaging

Bibit ayam pedaging berupa ayam umur sehari (Day Old Chicken / DOC) dapat anda beli/pesan ketika semua fasilitas benar-benar telah dipersiapkan. Beri sekat untuk kenyamanan gerak DOC minimal 2m bujursangkar untuk 100 anak ayam. Luasan brooder/sekatan diperluas setiap 3 hari hingga 10 hari sudah bisa 100% full space.

Jika anda memelihara ratusan ayam, tiap box berisi 100 DOC, bawa serta box tersebut kekandang. Sebelumnya anda telah menyiapkan airgula sekitar 2% (2 gram tiap 100ml air), bagusnya dari gula aren. Maka ambil bibit ayam pedaging celupkan paruhnya/minumkan airgula satu persatu. Nyalakan penghangat, dalam hal ini suhu ruangan yang baik untuk anakan berkisar 32 derajat celcius.

Temperatur tubuh mereka sendiri: untuk anak ayam umur sehari (Day Old Chick/ DOC) sekitar 39 derajatcelcius. Ayam dewasa rata-rata sekitar 40,6 – 40,7 derajat celcius. Umumnya temperatur tubuh ayam meningkat dari pagi hingga sore, kemudian menurun sampai tengah malam.

Pemberian Pakan dan Minum

Kandungan nutrisi maupun porsi pakan yang diberikan untuk ayam dewasa berbeda (terus meningkat), mengikuti pertumbuhan dari ayam itu sendiri. Sekedar informasi dalam cara budidaya ayam pedaging, biaya produksi paling dominan adalah dalam hal pemberian pakan. Harga pakan bisa mencapai 65 – 85% dari total biaya produksi. Pakan yang diberikan pada broiler meiliki komposisi/rasio yang lengkap. Pada fase starter masih berupa crumble, sementara pada masa pertumbuhan diberikan pakan berbentuk pellet.

Pada hari pertama hingga 5hari taburkan pakan pada alas kertas, disamping juga tempat pakan khusus. Pemberian pakan adalah dengan sistem ad libitum (tersedia secara kontinyu/tidak dibatasi). Komposisi pakan harus memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam broiler, yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga didapat pertambahan berat badan perhari (Average Daily Gain/ADG) tinggi.

Jenis pakan disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam, jika menggunakan pakan pabrikan, umumnya dibedakan menjadi 2 (dua) tahap. Pertama disebut tahap pembesaran (umur 1 sampai 20 hari), minimal 23% mengandung kadar protein. Kedua disebut tahap penggemukan (umur diatas 20 hari), yang memakai pakan berkadar protein 20 %. Tiap jenis pakan biasanya tertulis pada kemasannya.

Pakan ayam broiler berkualitas memiliki angka FCR rendah. FCR (Feed Convertion Ratio) digunakan untuk menghitung efisiensi pemberian pakan. Perhitungannya adalah, jumlah pakan yang diberikan selama pemeliharaan dibagi total bobot ayam ketika dipanen.

Contoh perhitungan:

Untuk 500 ekor ayam pedaging yang dipanen, berat rata-rata 2 kg, total pakan selama pemeliharaan 1562 kg, maka FCR-nya adalah :
Berat total ayam hasil panen =
500 x 2 = 1000 kg
FCR = 1562 : 1000 = 1,56

Semakin rendah angka FCRmaka semakin baik kualitas pakan tersebut, karena lebih efisien dalam artian dengan sedikit pakan menghasilkan bobot ayam yang tinggi.

Selain pakan, pemberian air minum juga harus tersedia sepanjang waktu. Kebutuhan air terus bertambah seiring pertumbuhan ayam pedaging. Setidaknya tempatkan 1 liter minum tiap 100 ekor DOC/ pada fase starter. Campurkan juga vitamin secukupnya dalam air minum sejak 2 hari pertama hingga seterusnya. Ada banyak sekali jenis vitamin/suplemen khusus untuk membantu pertumbuhan dan penggemukan ayam pedaging yang memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Vaksinasi dan pemberian vitamin

Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit inaktif yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. Vaksinasi penting antara lain, vaksinasi ND / tetelo yang dilakukan/diberikan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata, berupa vaksin ND strain B1 atau bisa juga strain F. Kemudian pada umur 21 hari dengan menggunakan vaksin ND Lasotta melalui suntikan subkutan atau lewat air minum.

Pemberian vitamin, mineral dan antibiotik dilakukan secara terjadwal:
  • Vitamin, mineral serta antibiotik yang merupakan obat anti stress diberikan pada DOC umur 1-2 hari.
  • Ayam umur 3-5 hari diberi makanan yang mengandung vitamin dan mineral/feed suplement. 
  • Pada umur 6 hari danseterusnya diberi obat pencegah penyakit berak darah (coccidiosis) yaitu coccidiostat. Obat ini diberikan secara rutin 3 hari berturut-turut, lalu 2 hari berhenti demikian seterusnya.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Pedaging

Jika anda mengikuti pola kemitraan budidaya ayam broiler/pedaging, mungkin anda akan menemui cara yang berbeda mengenai teknis pemeliharaan. Karena umumnya tiap perusahaan memiliki merek dagang tersendiri mulai dari strain bibit yang diunggulkan, pemberian pakan, vaksinasi hingga penggunaan suplemen tertentu untuk memacu pertumbuhan ayam. Selain itu masa panen juga mereka tentukan jumlah harinya.

Namun secara umum dan berurutan, beginilah cara budidaya ayam pedaging terbaru:
  1. Pembuatan kandang yang layak
  2. Penyediaan bibit DOC unggulan
  3. Pemberian pakan dan air minum
  4. Vaksinasi minimal dua fase
  5. Pemberian suplemen secara kontinyu
  6. Perawatan kesehatan berkala
  7. Panen, umumnya 35 – 42 hari masa pemeliharaan.
Produktifitas ayam pedaging/broiler dipengaruhi 3 faktor utama, yaitu: bibit, pakan dan manajemen pemeliharaan. Karenanya ketiga faktor ini haruslah menjadi perhatian. Manajemen pemeliharaan tersebut dimulai sejak persiapan kandang sesuai standar kelayakan yang ada sebagaimana uraian di atas, kemudian pemberian pakan dan vaksinasi secara teratur dan terencana. Pencegahan dan pengendalian penyakit serta melakukan panen tepat waktu. Dengan Metode pemeliharaan yang baik maka produkstifitas ayam pedaging dapat dioptimalkan.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara budidaya ayam pedaging terbaru, semoga bermanfaat bagi anda yang bergelut dalam dunia peternakan, khususnya ternak ayam pedaging atau broiler.

Postingan terkait:

26 Tanggapan untuk "Begini Cara Budidaya Ayam Pedaging Terbaru"

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan pada permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di cabang judi online yg berkelas International, legal dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    https://bolazeus.net/2018/07/23/panduan-cara-bermain-baccarat-di-situs-judi-online/
    https://bolazeus.net/2018/07/24/game-poker-online-yang-mengandalkan-strategi-zeusbola/
    https://bolazeus.net/2018/07/26/bermain-poker-online-tanpa-mengunakan-modal-yang-besar/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    ReplyDelete
  2. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah situs judi poker online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam memberikan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah serta memberikan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    indokartu.info

    Ayo join sekarang di indokartu.net

    ReplyDelete
  3. SLOTGAME, POKER ONLINE, SABUNG AYAM TERLENGKAP dari berbagai jenis permainan online terkemuka di Indonesia serta memiliki layanan terbaik dan selalu memenuhi hasrat para member setia Zeusbola dalam aktivitas Judi Online.

    ZeusBola juga menyediakan Promo-promo Bonus menarik yang sangat mudah di dapatkan seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS EXTRA FREECHIP !!
    Dan masih banyak Promo-promo Bonus lainnya..

    Jadi tunggu apa lagi segera daftarkan diri Anda, Pendaftaran bisa langsung ke Customer Service yang siap melayani anda 24 jam 7 hari :
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  4. PROMO NEW MEMBER!

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, kedudukan badal Poker Online menyiapkan pulsa yakni semotif gembong judi yang menganjurkan pertunjukan poker online pada waktu ini sudah sekali gampang degnan munculnya pementasan ini judi online endapan melalui pulsa akomodasi berisi tengil disebuah tontonan judi online yang larat kita jumpai masa ini emang buah berusul makin tumbuhnya waktu dan teknologi kala ini didalam permainan gadaian online. Dengan cuma menyerukan pulsa seperti hartakekayaan sedimen pementasan di zeus bola online, anggota sudah tibadi aplusan yang selesa bermain serta memboyong permainan.

    Sok menyimpan pulsa didalam tontonan poker online mestinya emang akan semakin mencapak anggota waktu kamu melakukan atraksi jaminan online. Sehubungan datangnya endapan dengan pulsa lalu awak bakal ahli menurut simpel bernas beraksi beserta bekerja pemenang didalam sewatak tontonan poker. Atraksi poker online sedimen via pulsa pastinya tentu menggayuh separuh kegunaan sok yang bisa berbentuk pulsa cuma maupun berbentuk uang legal didalam sewarna pergelaran judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/mengidentifikasi-situs-poker-depo-pulsa-terpercaya-di-indonesia/
    http://134.209.98.69/kelebihan-bermain-judi-bola-depo-pulsa-online-terpercaya/
    http://134.209.98.69/keuntungan-bermain-taruhan-bola-judi-online-via-pulsa-1/


    Ayo daftar sekarang di ZeusBola

    ReplyDelete
  5. Hallo, berjumpa lagi besama kami S128Cash Situs Judi Online Terpercaya dan Terbaik 2019.
    Dengan kualitas dan keamanan yang kami miliki, kami jamin untuk Anda semua yang bermain disini akan merasa nyaman dan dapat meraih kemenangan yang BESAR !!

    Disini juga menyediakan semua bank local Indonesia dan juga menyediakan deposit via PULSA, OVO dan GOPAY.
    Jadi buat Anda yang tidak memiliki rekening atau saldo ATM lagi kosong, tidak perlu khawatir ya...

    HOT PROMO BONUS S128Cash :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Informasi lebih lanjut hubungi kami :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Ayam Sabung

    ReplyDelete
  6. Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
    Yuk Mainkan Live Casino bersama Winning303..
    Hadirkan Dealer Profesional dan Cantik Yang Siap Menemani Permainan Anda 24Jam Nonstop!!

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  7. CemePoker - Main Poker Online Di Agen Terpercaya
    Bisa Deposit via OVO dan Pulsa
    Dapatkan New Member 20%
    Dan Bonus Harian Hingga 50.000
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    LINK ALTERNATIF POKER ONLINE ANTI INTERNET POSITIF 2019

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas informasinya nya min.. Sangat bermanfaat, ditunggu update barunya ya :)
    Kunjungi Blog Ayam Jago kami juga ya :) situsnya pemainayam.club. terima kasih :)

    ReplyDelete
  9. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker yakni perizinan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan bermacam macam banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai cabang judi poker dgn rating win tertinggi.
    cemepoker menjamin 100% keamanan kaum membernya lagi pemain Poker kami dijamin 100% Player VS Player.
    janganlah ceroboh nantikan kompensasi merampas setiap bulannya dan sagu hati referal sebaya hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete
  10. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Dapatkan Kemudahan Dengan Deposit Via Pulsa..Bermain Tanpa Ribet...
    Proses Cepat dan Aman...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: 087785425244

    ReplyDelete
  11. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  12. Mau Bonus Angpao di hari Imlek 2020???
    Yuk bergabung dengan kami di Winning303
    dapatkan Bonus Angpao Langgsung buat anda

    Untuk Info
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  13. MUSEUMAYAM Adalah Situs Judi Online Taruhan Sabung Ayam, Sepak Bola, Casino, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia

    Untuk daftar bisa langsung ke:
    WhatsApp : WA : +6282267932581

    ReplyDelete
  14. Winning303

    Agen judi online terbaru

    Tersedia games :
    Poker
    sports
    live casino
    slots
    togel
    sabung ayam

    Link terbaru kami
    www.winning303.pw

    Info lebih lanjut :
    WA : 0877 8542 5244

    ReplyDelete
  15. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  16. Daripada dirumah nganggur saat PSBB, mending bermain bersama MuseumAyam dan menangkan hingga puluhan juta hingga ratusan juta dengan cara yang mudah? Soluisnya Bergabung bersama MuseumAyam Situs Judi Sabung Ayam Online Dengan Permainan Terlengkap serta Minimal Setor Dana yang Terjangkau. Menerima Berbagai Metode Transaksi Online Mulai Dari Pulsa, Dompet Digital Hingga Semua Bank Lokal Indonesia.

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - Club388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Agen Togel Online
    Museumbola Joker123
    Tambah Nutrisi Ayam Bangkok Petarung Dengan Buah Duku

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : Museum Poker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  17. Hallo sahabat bettor Indonesia

    Anda sedang cari situs judi online terpercaya ? Zeusbola Jawabannya !

    Memberikan Bonus new member sebesar 15% dan bonus deposit harian 10%
    Dan Agen Judi Online Indonesia Zeusbola Proses deposit dan Withdraw 24 Jam

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *POKER ONLINE
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward Setiap Naik Level

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 2228
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Daftar Judi Poker online Silahkan Klik Di Bawah Ini Ya Boss..

    Situs Judi Poker Online Deposit LinkAja

    ReplyDelete
  18. ZeusBola - Agen Sabung Ayam Deposit Pulsa Live
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa Tanpa Potongan
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    ReplyDelete
  19. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    �� www,MBO128,club ��
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  20. SITUS SLOT ONLINE DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online deposit pulsa tanpa potongan 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  21. S1288Poker dan S128Cash Adalah Salah satu Website Judi yang terkenal akan banyak pemainnya saat ini. Para Penjudi Ayam sering bermain disini dan memenangkan banyak rupiah lainnya.

    Tidak hanya itu, S1288Poker dan S128Cash Juga Memiliki banyak Promo Menarik Loh dan Ada Bonus Mingguan dan HARIAN !!!

    Kelebihan Website Tersebut cukup banyak,
    1.Deposit dan WIthdraw Kamu bisa diproses paling lama kurang dari 2 Menit!
    2.Di Website ini 100% Pemain Tidak ada BOT dan lainnya
    3.Pelayanannya 24 JAM Loh!
    4.Data Pribadi Anda Dijamin Aman.
    5.Menyediakan Deposit Pulsa dan E-Wallet

    Tunggu apalagi? Buruan daftar!!
    Hubungi WA Kami : +62 819 1005 3031

    ReplyDelete
  22. Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 26 Agustus 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :

    Jadwal Adu Ayam

    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » Jadwal Ayam Terupdate

    ReplyDelete
  23. GAME SLOT ONLINE TERBAIK, TERBESAR DAN TERPERCAYA DI INDONESIA

    BOLAVITA merupakan situs agen bandar taruhan online terbaik dan terpercaya yang memiliki banyak permainan yang hanya menggunakan 1 USERID saja sudah dapat memainkan semua permainan yang disediakan.

    Dengan minimal deposit hanya Rp 10.000 saja sudah dapat memainkan semua permainan yang ada

    CS 24 JAM ONLINE NONSTOP !! Yuk langsung daftar dan mainkan semua permainan yang disediakan.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete