Mau Berternak Ayam Kampung? Baca Panduan Ini

Panduan cara budidaya ayam kampung bagi anda yang berniat untuk memelihara atau berternak ayam kampung. Jika anda masih baru di dunia peternakan maka tentu saja butuh banyak referensi akan tata cara memelihara ternak ayam yang tepat.

Ayam kampung adalah ayam buras (bukan ras) dengan nama ilmiah “Gallus Domesticus” yang telah dipelihara turun temurun di seluruh penjuru negeri. Sebagai informasi awal dalam cara memelihara ayam, sekarang ini ada banyak sekali jenis ayam ras yang dikembangkan berdasarkan tujuan komersial dari ayam itu sendiri. Misalnya ayam petelur untuk diambil telurnya, atau ayam pedaging yang dapat dipanen dalam waktu singkat dengan bobot tinggi sementara konversi pemberian pakan cukup sebanding dengan income yang diperoleh peternak.

Dalam hal budidaya ayam kampung, pertama sekali perlu dipahami karakteristik dari ayam tersebut secara keseluruhan. Sehingga nantinya usaha yang digeluti bisa mendatangkan keuntungan semaksimal mungkin. Ini merupakan bisnis, jadi selamanya tetap menganut prinsip ekonomi dengan modal kecil untungnya besar.

Sebelum berlanjut ke cara pemeliharaan, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengenal yang namanya Ayam Kampung. Biar lebih mudah dalam menentukan metode yang tepat ketika usaha peternakan ayam kampung dijalankan nantinya.

Tentang Ayam Kampung

Ayam kampung ialah sebutan di Indonesia untuk ayam peliharaan yang tidak dieperlakukan dengan cara budidaya massal komersial serta tidak berasal-usul dari galur atau ras yang dihasilkan dari persilangan untuk kepentingan komersial tertentu. Generasi pertama ayam kampung adalah ayam hutan merah (Gallus gallus).
Cara Berternak Ayam Kampung
Ayam kampung tidak memiliki istilah ayam petelur ataupun ayam kampung pedaging. Hal ini disebabkan ayam kampung bertelur layaknya unggas lain serta memiliki daging sebagaimana hewan pada umumnya. Pertumbuhan ayam kampung cenderung lambat meskipun ditangani dengan pemberian pakan khusus. Karenanya, menjadikan ayam kampung sebagai ayam petelur atau pedaging diperlukan cara yang cermat.

Jenis-jenis ayam kampung

Terdapat banyak jenis/varietas dan spesies ayam kampung yang umumnya mendominasi daerah tertentu di Indonesia. Berikut ini beberapa varietas jenis ayam kampung yang dipelihara masyarakat:

Ayam Belenggek
Ayam belenggek berasal dari Sumatera Barat, tepatnya dipedalaman Kabupaten Solok.

Ayam Gaok
Ayam gaok bersal dari madura dan Pulau Puteran, Kabupaten Sumenep.

Ayam Garut
Ayam Garut adalah kampung asli berasal dari daerah Kabupaten Garut jawa barat

Ayam Kedu
merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Magelang dan Temanggung atau eks. Kersidenan Kedu (Jawa Tengah).

Ayam Nunukan
Ayam nunukan disebut juga ayam Tawao. Ayam ini merupakan ayam lokal yang berkembang di Pulau Tarakan, Kalimantan Timur. Ayam nunukan diperkirakan berasal dari Cina.

Ayam Pelung
Ayam pelung merupakan ayam lokal yang berkembang di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi (Jawa Barat).

Ayam Sumatra
Ayam Sumatra merupakan ayam lokal dari Sumatera Barat.

Sekarang telah ada ayam kampung super dengan pertumbuhan yang cepat maupun yang dapat bertelur lebih banyak.

Itulah sekilas tentang ayam kampung, anda hanya perlu menentukan pilihan sesuai tujuan tersebut.

Metode Peternakan Ayam Kampung

Setidaknya ada tiga metode dalam berternak ayam kampung, yaitu ektensif (tradisional), semi intensif serta metode intensif. Sebenarnya ketiga metode ini secara umum mengindikasikan skala peternakan itu sendiri. Skala kecil, menengah hingga peternakan ayam kampung skala besar secara intensif. Akan tetapi metode pemeliharaan intensif untuk ayam kampung karena karakteristik alami pertumbuhannya lambat juga kapasitas produksi telur sedikit.

Namun demikian, berternak ayam kampung dapat menjadi alternatif bisnis yang menggiurkan asalkan dilaksanakan dengan cara yang tepat. ayamplus.blogspot.com mendapati, sudah banyak peternak yang makmur dari hasil membudidaya ayam kampung.

Lantas bagaimana caranya agar usaha budidaya ayam kampung bisa mendatangkan keuntungan? Saya anggap anda telah siap dengan segala pertimbangan dari uraiandi atas, maka panduan mengenai cara berternak ayam kampung selengkapnya segera kita mulai tahap demi tahap:

Pembuatan Kandang Ayam Kampung

Pertama sekali siapkan suatu tempat untuk pembuatan kandang dengan ketentuan sederhana antara lain, jauh dari pemukiman; mudah dijangkau dan tidak berpindah-pindah (menetap), selain itu pilihlah lokasi yang tidak lembab. Kandang adalah hal pokok yang harus tersedia walaupun untuk metode ektensif, dimana ayam hidup liar dan akan masuk kandang menjelang malam hari dengan sendirinya.

Pada kesempatan ini kita fokus dengan cara semi-intensif yakni perpaduan atara cara alami dan intensif. Buatlah kandang yang nyaman bagi ayam dengan ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara lengkap dengan tempat bertengger. Sebaiknya kandang dibuat berbentuk panggung setinggi minimal 0,8 – 1 meter dari tanah ke lantai, kemudian dari lantai ke plafon sekitar 1,20 m. Ukuran luasan kandang disesuaikan jumlah yang akan dipelihara.
Kandang Ayam Kampung Berbentuk Panggung,
dindingnya perlu ditutupi tirai
Namun jika anda ingin menggunakan kandang yang lebih praktis berlantaikan tanah, taburkan litter dari kulit padi atau serbuk kayu gergaji. Yang lebih bagus lagi dicor dengan semen.
Kandang Ayam Kampung Berbentuk Postal,
didalamnya dilengkapi tempat bertengger
Kandang Ayam Kampung Sistem Ren,
lantai sebaiknya terbuat dari beton/semen
Ayam kampung dapat hidup dengan baik pada suhu ruangan berkisar 25 derajat celcius. Jadi upayakan dinding yang bagus namun tidak mengabaikan ventilasi/sirkulasi udara. Saya tak menyebutkan detail bentuk serta ukuran kandang pada panduan ini, sebagai gantinya di bawah ini bisa anda lihat contoh desain kandang ayam kampung.
gbr

Penyediaan Bibit Ayam Kampung

Bibit ayam kampung dapat diperoleh dari penetasan telur secara alami atau membeli anakan/DOC (Day Old Chicken), bisa juga anak ayam yang sudah agak besar. Bibit adalah faktor penting keberhasilan ternak ayam, oleh sebab itu bila membeli bibit berupa anak ayam yang baru menetas / DOC, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
  • Bibit menetas tepat waktu (21 hari)
  • Tidak cacat secara fisik serta sehat bugar
  • Berdiri tegap, pusarnya terserap sempurna
  • Mata bersinar, susunan bulu terlihat bersih dan mengkilap
  • Gerakan lincah, berontak ketika dipegang.
Bibit ayam kampung / DOC
Sementara bibit yang berasal dari ayam dewasa yang bagus untuk diternakkan adalah:
  • Tidak cacat secara fisik, misalnya kaki utuh dan leher lurus.
  • Gerakannya gesit yaitu mudah berontak bila dipegang.
  • Induk jantan mempunyai jengger yang berwarna merah cerah, kepala tampak kokoh, paruh pendek, tajam dan kuat.
  • Jarak ujung tulang dada dengan dubur berjarak minimal tiga jari tangan.
  • Mata cerah dan pandangannya tampak tajam.
  • Otot gempal dan kuat, terutama di bagian paha dan dada. Tulangnya juga kuat.
  • Susunan bulu teratur, saling menghimpit dan tampak mengkilat. Kondisi bulu yang baik mencerminkan kondisi kulit yang baik pula.
  • Ukuran badannya sedang, tidak kurus dan tidak gemuk.

Pemberian Pakan dan Minum

Pakan memiliki andil yang sangat besar dalam usaha ternak ayam kampung. Pakan yang baik harus mengandung nutrisi lengkap berupa protein, karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan ayam berdasarkan usianya. Pakan ayam kampung tidak mesti berupa pellet maupun konsentrat, pakan bisa berupa apa saja asalkan sehat dan tidak beresiko menimbulkan penyakit. Inilah salah satu keistimewaan dalam usaha ternak ayam kampong, pemberian pakan tidak serumit seperti pada ternak ayam ras. Pakan ayam kampung bisa berupa serangga, cacing atau sisa-sisa makanan yang belum membusuk.

Berikut ini porsi pemberian pakan ayam kampung sesuai dengan tingkatan usianya ;
  • Umur 0 – 7 hari : diberikan pakan sebanyak 7 gram/ekor/hari
  • Umur 8 – 14 hari : diberikan pakan sebanyak 19 gram/ekor/hari
  • Umur 15 – 21 hari : diberikan pakan sebanyak 34 gram/ekor/hari
  • Umur 22 – 28 hari : diberikan pakan sebanyak 47 gram/ekor/hari
  • Umur 29 – 35 hari : diberikan pakan sebanyak 58 gram/ekor/hari
  • Umur 36 – 42 hari : diberikan pakan sebanyak 66 gram/ekor/hari
  • Umur 43 – 49 hari : diberikan pakan sebanyak 72 gram/ekor/hari
  • Umur 50 – 56 hari : diberikan pakan sebanyak 74 gram/ekor/hari

Jenis Pakan Ayam Kampung

Jenis pakan disesuaikan dengan tujuan budidaya, apakah untuk dijadikan petelur atau pedaging. Sebagian orang beranggapan kalau ayam kampung betina hanya dapat bertelur jika dibuahi/kawin oleh jantan. Kenyataannya ayam kampung juga dapat bertelur dengan pemberian pakan khusus berupa pakan layer.

Namun perlu diperhatikan bahwa produktifitas telur ayam kampung cukup rendah, hanya sekitar 115 butir pertahun. Begitu halnya dengan pertumbuhan badan juga sangat lambat. Secara alami ayam baru siap untuk dikonsumsi setelah berumur 8 – 12 bulan.

Oleh karena itu perlu disiasati dalam penyediaan pakan dengan cermat. Saran saya, jangan mengurung ayam kampung dan memberikan pakan pabrikan secara total. Anda bisa meracik sendiri pakan-pakan tersebut menggunakan bahan yang lebih murah. Dan yang paling penting upayakan sebisa mungkin ayam mencari sendiri makanan di alam liar, anda hanya perlu menyediakan lingkungan berupa lahan yang ditumbuhi rerumputan. Sesekali tanah dicangkul agar selalu gembur dan cacing tanah berkembang baik di sana.

Halaman ini terlalu panjang untuk memuat cara membuat pakan yam alternatif, jadi bagi anda yang memiliki lahan sempit anda bisa baca postingan saya tentang Solusi pakan alternatif untuk ayam pedaging atau Alternatif pakan alami untuk ayam kampung. Berdasarkan penuturan para ahli yang dikutip ayamplus.blogspot.com, yaitu Budidaya ternak ayam kampung harus dipisahkan antara tujuan pedaging maupun petelur. Dengan begitu akan lebih menguntungkan bagi peternak ayam dalam hal konversi pemberian pakan dan biaya produksi secara keseluruhan.

Pemberian Minum
Air minum juga sangat penting bagi kehidupan. Meskipun ayam tidak memiliki kantung kemih, namun seperti unggas lain, air diperlukan untuk mencerna makanan. Beda dengan pakan, air minum harus tersedia secara ad libitum/kontinyu tak terbatas. Tambahkan vitamin serta anti biotik untuk melengkapi nutrisi agar ayam tumbuh optimal. Anak ayam umur 0 – 14 hari sangat rentan terhadap gangguan kesehatan, jadi mereka perlu disapih ekstra.

Pengendalian Penyakit Ayam Kampung

Berikut ini saya utarakan beberapa penyakit yang biasa diderita oleh ayam kampung beserta cara mengobati maupun tindakan pencegahan, yaitu:

Berak darah (Coccidiosis)

Gejala : anak ayam terlihat sangat lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu disekitar anus kotor,ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Penyebab: protozoa Eimeria sp.
Pencegahan : mengusahakan sanitasi dan sirkulasi udara yang baik atau bisa juga dengan pemberian coccidiostat pada pakan sesuai dosis/takaran.
Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya

Berak kapur (Pullorum)

Gejala : anak ayam bergerombol di bawah pemanas, kepala menunduk, kotoran melekat pada bulu-bulu disekitar anus.
Penyebab: Bakteri Salmonella pullorum.
Pencegahan : mengusahakan induk terbebas dari penyakit ini, fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan kandang
Pengobatan : noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn atau lainnya

Gumboro (gumboro disease)

Gejala : ayam tiba-tiba sakit dan gemetar serta bulu-bulunya berdiri, sangat lesu, lemah dan malas bergerak, diare putih di sekitar anus.
Penyebab: virus.
Pencegahan : vaksinasi teratur dan menjaga sanitasi kandang.
Pengobatan : belum ada

Penyakit cacing ayam (worm disease)

Gejala : pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam.
Penyebab: Cacing.
Pencegahan : pemberian obat cacing secara berkala, sanitasi kandang yang baik, penggantian litter kandang secara berkala, dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pengobatan : pemberian obat cacing seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazin, piperazin dan lain sebagainya

Tetelo (ND)

Gejala : ngorok dan batuk-batuk, gemetaran, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki dan sayap, kotoran berwarna putih kehijauan.
Penyebab: paramyxivirus.
Pencegahan : vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus dibakar.
Pengobatan : belum ada

Masa Panen Ayam Kampung

Ini adalah masa paling dinanti oleh semua peternak ayam setelah bekerja keras selama beberapa waktu. Akan tetapi di sisi lain hal ini perlu direncanakan jauh sebelum usaha bertenak dilakukan sehingga hasil panen terjamin pemasarannya. Lebih lagi untuk ayam petelur, bisa-bisa telurnya membusuk jika disimpan lama. Karena telur yang tidak dibuahi pejantan merupakan telur infertile alias tidak akan menetas.

Baik daging ataupun telur ayam kampung sangat diminati banyak orang lantaran kandungan gizinya terbilang lebih tinggi. Tingginya permintaan ayam kampung menjadikan bisnis buddaya ternak ayam kampung sanagat diminati semua orang. Ayam kampung dapat dijual dengan dua cara yaitu ayam hidup dan dagingnya saja setelah ayam dipotong. Pasokan ayam yang telah dipotong atau dalam betuk daging biasanya dipasarkan untuk skala rumah tangga, pengepul, pasar tradisional, warung supermarket, hotel dan lain sebaganya.

Kisaran harga daging ayam kampung tergantung naik turunnya permintaan pasar. Secara umum harga yang di tawarkan berkisar antara Rp 20.000,- hingga Rp 30.000 /kg. Sedangkan harga telur ayam kampung sekitar Rp 1.500,- sampai Rp 2.000,- perbutir.

Dalam bentuk daging, biasanya ayam siap dipanen pada umur 8 hingga 12 bulan (secara alami), akan tetapi dengan metode pemeliharaan yang tepat, bisa lebih cepat dari itu.

Sebagai informasi tambahan hingga saat ini belum ada yang membudidayakan ternak ayam kampung secara massal, yang mungkin disebabkan oleh faktor efisiensi konversi pemberian pakan dan lainnya.

Demikian panduan cara ternak ayam kampung semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

25 Tanggapan untuk "Mau Berternak Ayam Kampung? Baca Panduan Ini"

  1. BISA DEPOSIT PAKAI OVO

    CemePoker yaitu cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka ragam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai perwakilan judi poker dengan rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan beberapa membernya juga pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai ceroboh nantikan pahala merengkuh setiap bulannya dan bonus referal seangkatan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo main hari ini di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. DEPOSIT PULSA & OVO

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Yang Merupakan Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    zeusbola livechat

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  4. warna bulu ayam bangkok aduan terbaik 2019

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7837654-warna-bulu-ayam-bangkok-aduan-yang-sering-juara

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  5. Link Alternatif Login S128 Terbaru Tahun 2019
    , Sejak Munculnya Sistem Terbaru Yang Dikeluarkan Oleh Pemerintah Indonesia Mengenai Situs Yang Bersangkutan Dengan Hal-Hal Negatif Seperti Perjudian, Porno, Hoaks dan Konten Berbau Negatif Lainnya.

    Tentu hal ini menjadi masalah yang sangat menjengkelkan untuk kamu yang merupakan seorang pecinta Judi Sabung Ayam, akses link s128 yang terkena internet positif akan membuat kamu kesulitan untuk melakukan akses bukan? Apa lagi kamu yang biasanya aktif bermain dan melakukan taruhan di sabung ayam S128.

    Ulasan Selengkapnya klik Link : https://pemainayam.club/link-alternatif-login-s128-terbaru-tahun-2019/

    Atau hubungi customer service Agen s128 dibawah ini (Layanan Online 24jam) :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    #s128 #sabungayamonline #judisabungayam

    ReplyDelete
  6. Bolavita Agen Judi Online Terpercaya dengan keamanan ketat yang dijamin Aman ! Menyediakan Permainan Online | Taruhan Sabung Ayam Online | Judi Casino Live | Tembak Ikan Online | Taruhan Bola Online / Sportsbook | Judi Slot | Bola Tangkas | Poker Online | Togel Online SGP / HK / KL

    Promo Bonus yang dapat anda Klaim Langsung !
    ♥ Bonus deposit 10%
    ♥ Bonus Cashback s/d 10%
    ♥ Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    ♥ Bonus Referral 7% + 2% seumur hidup !

    Linka Pendaftaran : http://159.89.197.59/

    Informasi selengkapnya silahkan hubungi :
    • WhatsApp : +62812–2222–995
    • Wechat : Bolavita
    • Line : cs_bolavita
    • Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete
  7. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten

    NEW UPDATE !!!!

    - ITUDEWA MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL DAN XL

    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER / MEMBER BARU 10%

    - BERPENGHASILAN SAMPINGAN BELASAN HINGGA PULUHAN JUTA, CARANYA? KLIK DISINI

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA


    ☞ DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL
    ☞ YAMAHA XABRE 150
    ☞ SAMSUNG GALAXY TAB S5E 4/64GB
    ☞ Free Chips 1.500.000
    ☞ Free Chips 1.000.000
    ☞ Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : ITUDEWA

    BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA PERIODE 1 JULI - 1 AGUSTUS : KLIK DISINI
    BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA PERIODE 6 AGUSTUS - 6 SEPTEMBER : KLIK DISINI
    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
    PUSAT BANTUAN ITU DEWA : KLIK DISINI

    Facebook : ituDewa Club
    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85511251182
    Livechat : ItuDewa Livechat

    ReplyDelete
  8. Artikel menarik, bermanfaat dan menambah wawasan.
    Kunjungi juga
    Bangkok Terbaik
    Bangkok Aduan Terbaik
    Ayam Bangkok Aduan Terbaik
    Untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi...

    ReplyDelete
  9. Untuk anda yang hobi sabung ayam, ketahui Sabung Ayam Peru Asli yang sebenarnya !

    6 Jenis Taji Yang Paling Di Cari Karena Keunikan Dan Kelebihannya. Baca Selengkapnya Kunjungi Link : http://www.pearltrees.com/pemainayam#item270919717

    Warna Bulu Ayam Bangkok Pukul Mati 2019 Rekomendasi. Baca Selengkapnya Kunjungi Link https://www.instapaper.com/read/1239138081

    ReplyDelete
  10. Taruhan Online tanpa rekening kini sudah tersedia, banyak alternatif lain untuk pasang taruhan tanpa rekening, salah satunya adalah menggunakan Aplikasi Linkaja ! Lebih mudah dan praktis !

    *Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)

    » PROMO SABUNG AYAM ONLINE BONUS CASHBACK 10%
    Info Selengkapnya Kunjungi : http://bolavitaonline.over-blog.com/2019/09/promo-sabung-ayam-online-bonus-cashback-10.html

    » TARUHAN SABUNG AYAM PAKAI LINKAJA
    Info Selengkapnya Kunjungi : http://bolavitaonline.over-blog.com/2019/09/taruhan-sabung-ayam-pakai-linkaja.html

    Kontak Resmi Kami ! (Online 24 Jam Setiap hari)

    WA : +62812-2222-995
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  11. Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin comment ya gan ^__^

    Liga Pelangi , Bola Jalan Terbesar di Indonesia dengan pelayanan Customer Service Terbaik. Cukup mudah untuk bermain di Mario Bola, 1 User ID bisa untuk semua Games.

    Promo Yang berlaku Di www.LigaPelangi.org :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit 10% Setiap hari (max 100 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup Di Permainan Sportbook
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Diskon Togel :
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Di ADD ya bosku sosmed / contact kami kalau ada kendala ^^
    Setiap Hari Kami ada BC Info Event / Prediksi Jitu , Serta Bonus bonus Menarik yang akan di berikan jika bergabung bersama kami.

    WhatsApp : +85515982617
    Line : ligapelangi
    Instagram : @ligapelangi88
    Facebook : @LigaPelangi
    Silakan Bossku^^

    ReplyDelete
  12. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  13. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7916589-tanaman-yang-sehat-dan-disukai-ayam-jago-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita


    ReplyDelete
  14. KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

    HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
    kami siap membantu bosku 24jam :)
    di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

    WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
    Fanspage : Kapal Judi Faigk
    IG : kapaljudi88
    Www Kapaljudi88 Net

    ReplyDelete
  15. Terima kasih artikel nya min, Menambah wawasan pada manusia awam seperti saya ini..
    Semoga sukses selalu bisnisnya :)

    Klaim Promo Bonus 100% ! Anda bisa langsung mengklaimnya bila resmi terdaftar di Agen Linkaja88 !
    Kunjungi » https://www.linkaja88.net/

    Tersedia banyak permainan dengan berbagai provider yang sangat lengkap !

    SBOBET
    368BET
    CBET
    BACCARAT
    JUDI DADU
    BLACKJACK
    ROULETTE
    SLOT ONLINE
    SV388
    S128
    TOGEL
    TEMBAK IKAN

    Dapatkan secara Gratis Aplikasi Sabung Ayam S128
    Klik Link Disamping » https://www.linkaja88.net/gratis-download-aplikasi-sabung-ayam-s128/

    ReplyDelete
  16. KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

    HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
    kami siap membantu bosku 24jam :)
    di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

    WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
    Fanspage : Kapal Judi Faigk
    IG : kapaljudi88
    Www Kapaljudi88 Net

    ReplyDelete
  17. Buruan Daftar Bosku di KapalJudi
    Web terbesar di seluruh dunia

    HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    silakan bosku ^_^
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    ReplyDelete
  18. Artikel yang Menarik Gan
    Mohon Izin Comment ya ^^

    Klik Mariobola

    Join Mario Bola ! klik link di bawah ini
    mariobola.info?ref=47EBB0

    BONUS DEPOSIT HARIAN 10% + CASHBACK SPORT S/D 15% + REFFERAL SPORT 2.5% dan Promo harian menarik lainnya ya^^

    DEPOSIT VIA PULSA
    - TELKOMSEL : 0,85% atau 15%
    - Xl

    COSTUMER SERVICE :
    - LIVE CHAT 24 JAM ONLINE
    - WA : +6283161896684

    jangan Sampai Ketinggalan Event Terbaru Dari Mario Bola Nih Bosku ^^
    Bonus Rollingan Mingguan Poker 0.2%
    Bonus Rollingan Mingguan Casino 0.8%
    Bonus Deposit Setiap Hari 10% (max 100 Rb) Minimal TO 2x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Klik Prediksi Bola

    Klik Situs Resmi Bolajalan

    Klik Bola Online

    Ayo bosku segera daftarkan diri anda dan raih hoki bersama kami ya^^

    ReplyDelete
  19. PROMO NEW MEMBER 15%

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan kepada permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di duta judi online yg berkedudukan International, sahih dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.pw/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.pw/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.pw/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.pw/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link zeusbola
    zeus303.com

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  20. Permainan dadu yang memiliki nama lain Sic Bo ini adalah salah satu permainan legendaris yang sudah lama ada sejak jaman dinasti china. Permainan yang menggunakan feeling dan keberuntungan ini telah melekat sekali dalam keseharian kita.

    Taruhan Dadu Online Uang Asli
    https://www.linkaja88.net/taruhan-dadu-online-uang-asli/

    Link pendaftar Klik : https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam

    ReplyDelete
  21. BONUS FREECHIP 50.000 MENYAMBUT NATAL DAN TAHUN BARU 2021 !
    Link Freebet » https://bit.ly/37WZDzr

    Agen Bolavita Selaku Agen Judi Casino Live Sejak 2014. Membagikan Bonus Freechip Untuk para Pecinta Judi Casino Secara Gratis ! Khusus Untuk 100 Orang Pertama!

    Daftar & Klaim Bonusnya Bisa Hubungi Kontak Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995

    ReplyDelete
  22. Hobi Sabung Ayam ? Jangan Lewatkan Pertadingan Sabung Ayam Live Setiap Hari !

    Download Aplikasinya Sekrang Juga !
    Klik Link » https://bit.ly/3aMgWWk

    ReplyDelete
  23. BANDAR SLOT ONLINE

    BOLAVITA MERUPAKAN SITUS BANDAR SLOT ONLINE TERNAMA DI INDONESIA, DENGAN 1 USERID SAJA SUDAH BISA MEMAINKAN BERBAGAI MACAM PERMAINAN
    SABUNG AYAM
    CASINO ONLINE
    SLOT GAMES
    LIVE CASINO
    TEMBAK IKAN
    POKER ONLINE
    SPORTSBOOK

    BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS HARIAN 5%

    PROSES TRANSAKSI DEPO DAN WD PASTINYA CEPAT DAN AMAN!!
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete
  24. GAME SLOT ONLINE TERBAIK, TERBESAR DAN TERPERCAYA DI INDONESIA

    BOLAVITA merupakan situs agen bandar taruhan online terbaik dan terpercaya yang memiliki banyak permainan yang hanya menggunakan 1 USERID saja sudah dapat memainkan semua permainan yang disediakan.

    Dengan minimal deposit hanya Rp 10.000 saja sudah dapat memainkan semua permainan yang ada

    CS 24 JAM ONLINE NONSTOP !! Yuk langsung daftar dan mainkan semua permainan yang disediakan.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete